0 0
Read Time:3 Minute, 30 Second

Sudah enam tahun setelah pengumuman dari perilisan Lumix G9 II, Panasonic akhirnya meluncurkan penerusnya bernama Lumix G9 II. Kamera ini merupakan model high-end dari Panasonic yang memiliki keunggulan dalam memotret diam. Serta merupakan kamera Lumix dengan sensor berukuran Micro 4/3 pertama yang menggunakan phase detection autofocus. Kali ini Panasonic Lumix G9 II hadir dengan fitur video yang berlimpah. Dengan melakukan desain ulang yang teliti, kamera ini menggunakan basis rangka dari kamera Full-Frame Lumix seri S5 II. Memberikan kamera ini ruang untuk beragam kontrol dan port.

Silahkan Cek Juga: Fujifilm X-S20 – Kamera Fujifilm untuk Calon Vlogger

Panasonic Lumix G9 II

Ketika kamera Lumix G9 awal yang jauh dari kata ringkas, kamera Lumix G9 ini memiliki filosofi yang berbeda dengan penerusnya. Kamera G9 ini lebih ditujukan kepada fotogrtafer DSLR. Yang merupakan kamera yang lebar dengan LCD yang menyala pada bagian atas kamera. Kamera ini pun hanya memiliki dial mode eksposure tunggal. Command dial yang terletak di bagian depan dan belakang, serta switch power yang mengelilingi tombol shutter.

Namun sebagai perbandingan, kamera Panasonic Lumix G9 II ini terasa lebih modern. Dikarenakan kamera ini memiliki bahasa desain yang sama dengan Lumix S5 II. Yang memiliki ciri khas untuk menyematkan banyak kontrol pada penggunanya. Kamera ini merupakan desain dari awal sehingga tidak mengikuti pendahulunya. Jadi apabila kamu merupakan fan dari kamera G9 yang mula-mula. Maka kamu akan kecewa karena kamera G9 II terbaru ini sama sekali tidak sama. Kali ini kamera G9 II memiliki dial ganda yang ergonomis dan switch selektor autofocus yang lebih canggih. Terdapat juga tombol dial untuk continuous shooting dan joystick 8 arah yang telah diperbarui.

Ingin memotret pasangan pernikahan: marriagefox.com

Kamera ini memiliki viewfinder yang menggunakan layar panel OLED dengan 3.68 juta dot (1280 x 960) dengan magnifikasi sebesar 0.8 x. Pada bagian layar belakang yang dapat diartikulasikan menggunakan layar LCD dengan resolusi 1.84 juta dot. Sehingga pengalaman memotret menjadi lebih detail dan terang.

Seperti sepupunya Lumix S II, Panasonic G9 II memiliki port yang kita harap pada sebuah kamera flagship. Kamu akan mendapatkan port HDMI full size, port USB-C dengan kecepatan charging yang menakjubkan, soket microphone dan headphone. Bahkan kamera ini memiliki dua buah slot penyimpanan memori SD Card hingga UHS-II. Terdapat juga aksesoris untuk melengkapi kamera ini seperti grip baterai dengan kode DMW-BG1 dan add-ons dari pihak ketiga..

Baterai

Panasonic Lumix G9 II menggunakan baterai yang sama dengan kamera besar Lumix lainnya. Yaitu DMW-BLK22 dengan kapasitas 16 Wh. Namun kamera ini hanya dapat memotret sebanyak 390 shot dengan menggunakan viewfinder maupun layar belakang LCD.

Ingin memotret dengan kamera film: philipmckayphotography.com

Kualitas Gambar

Kamera Lumix G9 II menggunakan sensor yang memiliki spesifikasi 25 MP CMOS sensor micro 4/3 dengan menggunakan dual outpu gain. Dengan menggunakan teknologi sensor tersebut, kamera ini dapat menangkap gambar 16 bit file RAW dengan dynamic range yang lebih kaya. Kamera ini pun memiliki IBIS dengan 8 stop dan menggunakan teknologi Panasonic yang berna,a SyncIS System. Diamna stabilisasi dari sensor dan lensa bekerja bersama-sama.

Kamera ini dapat menggunakan mode HiRes 100 MP. Walaupun menggunakan mode resolusi yang lebih tinggu berarti membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyatukan foto itu. Kamera ini juga membawa phase detectioin autofocus yang memiliki subjek deteksi yang baru. Ada beberapa tipe subjek di menu autofocus termasuk binatang, mobil dan motor. Kamera ini pun memiliki eye setection untuk mendeteksi mata untuk dijadikan autofocus.

Kualitas Video

Kamera Lumix G9 II ini dapat mengambil video 5.8 K dengan menggunakan sensor penuh dengan codec H265. Yang menangkap resolusi 5760 x 4320 pixel 10-bit 4:2:0 dengan frame rate 30p atau 24p. Dengan menggunakan aspek rasio 17:9, maksimum fram ratenya melonjak jadi 60 fps. Dalam format 4:2:2, kamera ini dapat merekam dengan frame rate hingga 120p.

Ingin mengetahui tentang laptop untuk editing: cybersecurityguru.org

Harga Panasonic Lumix G9 II

Untuk harga resmi terkini dari kamera Panasonic Lumix G9 II ini dapat para brosis simak dibawah ini:

  • Panasonic Lumix G9 II (Body Only) = Rp 27.999.000

Sekian ulasan mengenai kamera Panasonic Lumix G9 II, kamera Panasonic yang kecil-kecil cabe rawit menyamai kamera high-end. Untuk ulasan seputaran kamera-kamera lainnya, para brosis stay tuned ya di kisikamera.com.

About Post Author

Harold Baker

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %